Monday 17 June 2013

Klasifikasi Virus

 

Dipostingan sebelumnya telah saya uraikan tentang Sejarah Virus Komputer .

dan di postingan kali ini giliran tentang Klasifikasi Virus.

Silahkan di simak kawan...

Klasifikasi Virus

Berikut klasifikasi virus atau jenis-jenis virus komputer:

1. Virus Makro
 virus yang di buat dan di tanamkan pada sebuah file tertentu yang mendukung bahasa pemprograman pada aplikasinya. Misal Msword, MsExel, dll, dengan demikian virus bakal berjalan ketika sebuah aplikasi pembuka file tertentu tersebut membuka file yang ditanami virus makro.

2. Virus Boot Sector
  Virus ini adalah virus yang paling umum virus ini berkembang biak pada komputer korban dengan memindahkan boot asli dengan booting virus,sehingga virus berjalan ketika komputer meload Sistem operasinya.

3. Virus Polimorphic
 Virus ini tergolong canggih virus yang dimasukkan dalam category ini mampu merubah sifat dan bentuknya . Sehingga sulit di kenali antivirus , misal merubah ceksum dirinya, merubah ikon dirinya, merubah cara kerjanya, menghasilkan nilai-nilai acak pada registry,dll.

4. Virus Stealth
  Virus yang menguasai tabel interrupt pada DOS. Virus ini berkemampuan untuk mengendalikan instruksi-instruksi level DOS dan biasanya mereka tersembunyi sesuai namanya.

5. Virus Multi Partisi

Virus ini dapat menginfeksi boot sectors

6. Virus file
 Virus yang dapat menginfeksi suatu file misalnya exe,com,scr,doc,dll.

7. Virus Sistem
  Virus sistem merupakan virus yang memanfaatkan file,file yang dipakai pada sistem komputer . Contohnya adalah file yang berektensi SYS, .COM.

8. Virus Hybrid
            Virus ini merupakan virus yang mempunyai dua kemampuan biasanya dapat masuk ke boot sector dan juga dapat masuk ke file. Salah satu contoh virus ini adalah virus Mystic yang di buat di indonesia.


9. Virus Registry
            Virus ini menginfeksi operating sistem yang menggunakanWindows biasanya akan menggandakan infeksi dan manipulasi pada bagian registry windows sebab registry adalah tempat menampung seluruh informasi komputer baik hardware maupun software Sehingga setiap kali kita menjalankan windows maka virus akan di jalankan oleh registry tersebut.

10.Virus Program Aplikasi
            Virus ini merupakan virus Makro, menginfeksi pada data suatu program aplikasi tertentu. Virus ini baru akan bereaksi apabila kita menjalankan program aplikasi tersebut dan membuka data yang mengandung virus.

Segitu dulu yang bisa saya uraikan, dan di postingan berikutnya akan saya urai tentang Dampak Virus Komputer

Terimakasih sudah berkunjung di blog ini, dan selamat menikmati harimu.

2 comments:

  1. nice post gan.. (y) makin nambah wawasan tentang macam2 virus...

    ReplyDelete